Minggu, 03 November 2013

Kenali Jam Piket Tubuh Anda


Berusaha Menyehatkan Diri Sendiri
dengan Mengetahui Jam Piket Organ Tubuh


Seluruh organ tubuh manusia, selama 24 jam non stop selalu bekerja keras tanpa kenal lelah, taat terhadap aturan Allah. Akan tetapi, organ tubuh manusia mempunyai waktu terbaik ketika menjalankan tugas dan fungsinya. Sebaiknya, setiap orang harus mengetahui waktu-waktu ini, agar organ-organ tubuh bisa terjaga kesehatan dan fungsinya sehingga ia akan selalu merasa sehat dan fit.






  1. Lambung  (dari jam 07:00 – 09:00).
 Pada jam-jam ini, organ lambung sedang kuat. Oleh karena itu, sebaiknya dibiasakan sarapan pagi untuk bekal energi tubuh sepanjang hari. Apabila ingin meminum jus atau ramuan (suplemen), maka sebaiknya diminum sebelum sarapan pagi ketika perut masih kosong, sehingga zat-zat yang berguna di dalam jus atau ramuan tersebut mudah diserap tubuh.
Rasulullah saw bersabda,
الْحِجَامَةُ عَلَى الرِّيقِ أَمْثَلُ وَفِيهِ شِفَاءٌ وَبَرَكَةٌ وَتَزِيدُ فِي الْعَقْلِ وَفِي الْحِفْظِ
"Berbekam di pagi hari ketika perut masih kosong sangat baik, menyehatkan dan penuh berkah, meningkatkan kecerdasan dan memperkuat hafalan,” (HR Ibnu Majah).
2.  Limpa (dari jam 09:00 – 11:00). 
Pada jam-jam ini, organ limpa sedang kuat ketika bertugas mengedarkan cairan nutrisi yang diperlukan tubuh. Bila pada jam-jam ini Anda merassa mengantuk, maka rasa kantuk Anda tersebut disebabkan oleh fungsi limpa yang sudah sedikit melemah. Obatnya, Anda harus mengurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

3.  Jantung (dari jam 11:00–13:00)
Jam piket organ jantung kuat, harus istirahat, hindari panas dan olah fisik, ambisi dan emosi, terutama pada penderita gangguan pembuluh darah.

4. Hati (dari jam 13:00–15:00). 
Jam piket organ hati lemah, bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terhjjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat, maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit. (jam tidur siang rasulullah).

5. Paru-paru (dari jam 15:00–17:00). 
Jam piket organ paru-paru lemah, diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru.

6. Ginjal (dari jam 17:00–19:00). 
Jam piket organ ginjal kuat. Sebaiknya digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

7. Lambung  (dari jam 19:00–21:00).
Jam piket oragn lambung lemah, sebaiknya tidak mengonsumsi makan yang sulit dicerna atau lama dicerna atau lebih baik sudah berhenti makan. 
8. Limpa (dari jam 21:00–23:00).
Jam piket oragn limpa lemah, terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaikmnya istirahat sambil mendengarkan musik yang menenagkan jiwa, untuk meningkatkan imunitas.

9. Jantung (dari jam 23:00–01:00).
Jam piket organ jantung lemah. Sebaikmnya sudah beristirahat tidur, apabila masih bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung.

10.  Hati (dari jam 01.00–03:00).
Jam piket organ hati kuat. Terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kootoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam akan terasa nyeri.

11.  Paru-paru (dari jam 03:00–05:00).
Jam piket organ paru-paru kuat, terjhjadi proses pembuangan limbah/racun pada organ paru-pari. Apabila terjadi batuk atau bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya ganguan fungsi paru-paru. Sebaiknya digunakan untuk olah nafas untuk mendaspatkan energi paru yang sehat dan kuat. 

12. Usus besar (dari jam 05:00–07:00)
Jam piket organ usus besar kuat,s ebaiknya biasakan buang air besar secara terartur.

(Dikutip dari Warta Kesehatan Masyarakat, edisi No. 13, Maret tahun 2007, hal. 26-27).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar